Pendakian Gunung Ungaran 2050 Mdpl

Selamat Siang Pembaca Disini Saya Akan Mereview Tentang Pendakian Gunung Ungaran 2050 Mdpl Yang Terletak Di Semarang. Pendakian Ini Telah Lama Kami Rencanakan Mungkin Sekitar 10 Bulan Yang Lalu, Dan Selalu Tak Terlaksana Dikarenakan Kesibukan Kami Masing Masing. Langsung Saja Ya

Day 1 (18 Maret 2016)
Kami rombongan yang menamakan diri kami sendiri Team Ungaran Peer berjumlah 20 orang berkumpul di stasiun Senen Jakarta Pusat Pukul 21.00 Untuk menaiki kereta Tawang Jaya jurusan Stasiun Semarang Poncol ongkos pergi pada saat itu adalah 60.000 Kereta Ekonomi.

image

Day 2 ( 19 Maret )
Finally touchdown di stasiun Poncol Semarang pada pukul 07.00. Kami berkumpul dan menyewa 2 angkot untuk menuju basecamp mawar yang berjarak 1,5 jam. Sampai di Pasar jimbaran kamipun membeli logistik untuk keperluan camp dan mendaki kami.

Jalan untuk menuju base camp mawar seperti biasa menanjak dan mobil sewaan kami pun menderu berat, akhirnya kami pun sampai di ujung jalan desa Umbulmukti, dannnn……… ini bukan base camp, untuk menuju basecamp kami harus berjalan kaki menanjak jalan aspal sepanjang 2 Km menuju base camp melewati perkebunan yang asri, berjalan dengan view jauh laut utara yang indah selama 2 jam. Jangan takut tersesat karena disini penunjuk arah menuju base camp sangat jelas.

Dan akhirnya kami sampai di Base camp Mawar pada sekitar pukul 01.00 disertai dengan hujan deras. Kamipun makan siang dan berkemas ulang untuk memulai pendakian.

Akhirnya hujan selesai dan kamipun memulai pendakian pada pukul 15.00. Trek dimulai dengan jalan sedikit menanjak dan landai melalui hutan hutan dan sungai, melewati pos 1 dan pos 2. Trek tidak terlalu berat, namun baiknya anda berhati hati karena jalur ini melipir jurang dan agak licin. Setelah melewati pos 2 kita akan menjumpai sebuah kolam dan WC umum, disini kita bisa mengisi air sepuasnya dan jajan sepuasnya, minuman favorit disini ialah wedang 9 rasa yang menghangatkan tubuh. Setelah puas minum wedang dan mengisi air, kita akan melanjutkan perjalanan, setelah berjalan sekitar 30 menit kita akan menemui pertigaan kebun Kopi tetap lurus mengikuti papan petunjuk, disini juga kita akan melewati goa jepang yang konon katanya adalah tempat persembunyian tentara Jepang dri lucutan tentara sekutu, dan setelah berjalan sedikit menanjak selama 15 menit, kita akan menjumpai pertigaan lagi, belok ke kiri menuju puncak, lurus menuju desa promasan. Sebagai tambahan info kita bisa menginap di Desa Promasan setelah izin dengan ketua RT desa setempat.

Kamipun belok ke kanan menuju puncak, namun dikarenakan hari sudah gelap kamipun mencari tempat untuk mendirikan tenda di pinggir jalan menuju puncak. Estimasi dari basecamp mawar sampai pertigaan Desa Promasan adalah 2 jam yang kira kira berjarak 3 Km.

image
Abc

Pemandangan Dari Tenda Kami

Day 3 ( 20 Maret 2016 )

Akhirnya kami pun terbangun pada pukul 04.00. Memasak nasi dan sarden sebagai sarapan. Setelah selesai sarapan kamipun bersiap untuk summit attack pada pukul 05.30 (molor waktunya). Hanya berbekal 2 botol air 1,5 liter dan sebungkungkus wafer kami berangkat. Setengah jam perjalanan awal trek masih sedikit ‘manusiawi’. Melewati pos bukaan trek mulai menanjak dengan batu batu besar yang memaksa kaki untuk bekerja keras, berpegangan pada batu batu kanan kiri dan akar akar pohon adalah keharusan agar tak terpleset, belum lagi yang menambah berat adalah banyaknya jalur air yang harus dilewati, u yeahhhh amazing trek…. Kamipun sampai pada puncak bukit awal dan harus lagi melipir tebing dengan batuan yang sangat licin untuk menuju puncak bukit berikutnya, setelah sekitar setengah jam melewati trek yang jantungan kita akan kembali melewati bebatuan dan sebuah hutan kecil yang menandakan Puncak Ungaran sudah sangat dekat, 10 menit dari hutan kecil ini maka sampailah kita di Puncak Gunung Ungaran 2050 Mdpl. Dimana dipuncak itu berdiri tugu banteng rider TNI dan penanda Puncak Ungaran 2050 Mdpl (Pkl 09.00) di puncak ini kita bisa melihat jelas Gunung Merapi, Merbabu, Sindoro, Sumbing. disini kami berfoto foto sambil istirahat selama 1 jam sambil menyiapkan tenaga dan mental untuk perjalanan turun yang pastinya lebih sulit secara teknik dan berhati hati, estimasi dari tempat kemah kami (kebun teh) sampai puncak adalah 2 jam demgan trek buerattt.

Perjalanan turun ke tenda adalah perjalanan yang sulit, berhati hati karena banyaknya batu licin dan menuruni tebing curam. Banyak pendaki yang tergelincir jadi fokus adalah kunci perjalanan.

Akhirnya kamipun sampai di Base Camp mawar pada pukul 13.00 lalu kamipun bersih bersih dan makan soto disini. Perjalanan belum selesai disini, kami harus turun lagi menuju SDN Umbul Mukti sekitar 2 Km trek turun sambil menahan beban berat di punggung kami.

Kami pun tiba di Stasiun Semarsng Tawang Pada Pukul 18.00 dan menunggu kereta Brantas untuk pulang ke Jakarta.

Ringkasan Estimasi :

Base Camp Mawar – Pos Satu ( 1 Jam) Trek Landai

Pos Satu – Pos Dua ( 1 Jam ) Trek Landai

Pos Dua – Pertigaan Promasan Puncak ( 1 Jam ) Trek Landai

Pertigaan Promasan – Puncak ( 2 Jam ) Trek Berat.

Untuk Turun Bisa Dipotong Menjadi 4 Jam sampai base camp Mawar.

Sekian Dan Terima Kasih

Best Regard
– Bukan Benten Biasa

image
Trek ke puncak
image
Puncak Ungaran